Tongue-tie / tongriempje / lidah pendek

Saya tuh menyusui Eijaz eksklusif,maksutnya ngasih Eijaz ASI dan hanya ASI sampe dia 6 bln nanti; selanjutnya mulai mkn solid & kl bisa insyaallah susunya ttp ASI smp dia 2 thn..
Saya enjoy nyusuin Eijaz krn dia pun seneng mkn. Tapi saya selalu agak bermasalah dengan PD (payudara -red) sebelah kanan. Perih lah, sakit ky ditusuk2 lah, tersumbat lah, ada aja pkny. Semua saya tahan aja krn saya keukeuh mau ngasih ASIX. Smua sih blg mgkn pelekatannya (latch on) yg salah. Jadi saya coba berbagai posisi..sejauh ini posisi football/rugby yg plg nyaman utk PD kanan,walo mah ttp aja sakitnya gak ilang hny berkurang..less often & less intense. Alhamdulillah krn ga dbawa stress produksi susu sih sll lancar...

Waktu minggu kmrn PD tersumbat,saya agak panik. Kluar susu dikit, n PD sakit kl ditekan. Akhirnya saya putusin untuk konsul sama lactatiekundige (konsultan laktasi) dsini,skalian cerita ttg problem2 yg lain. Pas dia liat cara Eijaz latch on,dia blg udh bener, ga ada yg salah. Ngeliat perkembangan Eijaz jg bagus bgt (jd ga kurang susu). Tp knp dong kl gt nyusuin di PD kanan sll sakit sdgkn yg kiri ngga?
Eh trus si ibu ngeliat sesuatu yg janggal n dia minta saya buka mulut Eijaz. Ternyata...stlh 3 bulan, br tau kl Eijaz itu tongue-tie! :( frenulum (tali lidah) nya pun di depan bgt. si ibu aja surprise dgn keadaan itu Eijaz masi bs latch on bagus n minum byk n gak mogok (ini upside of the story). Tp yah jdny problemnya jd di saya deh,lecet.
Sempet sebel jg kok dokter segala ga ada yg merhatiin sblmnya,kl tau kan dr dulu udh di insisi spy dia gak kesulitan minum n saya jg ga pk b'mslh..tp yasudahlah,skrg udh tau jd bs take action.

Disadvantage tongue-tie selain sulit menyusui,jg utk kedepannya. Ada kmgknan sulit mengucapkan huruf2/syllabel2 tertentu (jd bs cadel ato mslh ngmg laen), ga bs jilat es krim, susah ciuman, bs jg mslh2 gigi & mulut (krn ga bs bersihin pk lidahnya). Belom lg kl ada mslh ngmg ntr disekolah di bully tmn2nya,kasian jg. Jd kita mutusin utk di insisi aja,alias digunting.

Prosedur ini tnyt stndr, simple n cepat, mgkn cuma 10 detik klaar. Lebih ribet ngebungkus si Eijaz drpd guntingnya hehe.. Stlh dgunting dia cuma nangis bntr,trs dikasi empeng biar tenang, abis itu dia lupa deh n lgsg nyusu lg... Alhamdulillah :D

Cara mnyusui dia skrg blm byk berubah sih,namanya jg br sehari..dia masi ngebiasain diri dgn lidah barunya kyny. Tp lucu,dia ngocehnya makin bervariasi gitu..dan mulai main2 ama lidahnya,saya ajarin melet haha.. Mudah2an aja lancar terus ya nak! ;)

0 comments: